Facebook Facebook Facebook Facebook

5 Tool untuk Amankan Data Online Anda

tool

[Internet Sehat] Berita peretasan akun dan data kian marak belakangan ini. Ada lebih dari 4 juta username dan password tersebar di dunia maya yang sudah jadi korban pembobolan para kriminal cyber. Artinya, setiap user harus waspada.

Ada sejumlah tool yang bisa membantu user untuk memproteksi datanya. Apa saja itu? Berikut ada 5 tool yang bisa didapatkan secara gratis:

1.KeePass
Ini adalah aplikasi gratis, berplatform Open Source. Bisa tetap berjalan di Windows, iOS, Android, Linux, dan Mac OS X. KeePass merupakan password manager yang membantu user mengorganisir password bagi setiap akunnya. Sebab idealnya setiap akun bagi setiap situs memiliki password berbeda. KeePass memberi layanan mengenkripsi semua username dan password di database secara aman. Semua dilindungi satu password tunggal yang hanya diketahui user.

2. TrueCrypt
Aplikasi ini cocok bagi Anda yang menggunakan layanan penyimpanan data online alias cloud, seperti Dropbox, SkyDrive, atau Google Drive. TrueCryp membantu user untuk mensinkronisasikan data antar komputer dan gadget mobile yang berbeda, namun secara lebih aman. TrueCrypt akan mengenkripsi semua data online Anda, dan hanya bisa diakses oleh Anda.
TrueCrypt menciptrakan disk virtual yang terenskripsi. Bahkan user sendiri butuh password khusus untuk mengaksesnya. Jadi tidak sembarang orang dapat membuka data tersebut. Tapi sekali password itu bocor ke pihak lain, maka tidak tertolong lagi.

3. Tor Browser Bundle
Ingin berselancar di dunia maya dengan lebih aman? Cobalah Tor Browser Bundle . dengan aplikasi ini, Anda bisa melakukan browsing secara anonim, sehingga tidak ada pihak lain yang tahu jejak Anda. Begitu terkoneksi ke Tor, trafik internet Anda mengalami enkripsi, dan Anda menjadi anonim. Memang tidak 100% aman, tapi cukup membuat para pengintai di dunia maya terkecoh.

4. OpenPuff
Fungsinya mirip dengan teknik stenografi, yakni menyembunyikan pesan sesungguhnya dengan pesan lain. OpenPuff mampu menyembunyikan data penting Anda dalam file khusus, bisa MP3 atau JPEG.  OpenPuff juga membuat user melindungi datanya dengan tiga jenis password sekaligus jika diinginkan.

5.Cryptocat
Aplikasi ini mampu melindungi data Anda ketika chatting. Ya, aktivitas chatting tidak sepenuhnya aman, sebab banyak sekali celah di dalamanya. Cryptocat akan mengenkripsi semua percakapan Anda di internet, sehingga tidak mudah diintai pihak lain.

Selamat mencoba!
[Internet Sehat]
Sumber artikel: PCWorld / Sumber gambar: PCWorld Share

0 comments:

Post a Comment

my faforite video

 
Akumicawa © 2011 Design by Emon Tok | Sponsored by Akumicawa