Facebook Facebook Facebook Facebook

Aman Saat Mudik Lebaran Menggunakan Sepeda Motor

Setiap tahunnya jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor semakin meningkat. Dengan semakin banyaknya pemudik yang menggunakan motor, maka kemungkinan jumlah kecelakaan juga semakin besar. Untuk menghindari terjadinya kecelakaan selama mudik lebaran menggunakan sepeda motor, National Traffic Management Center (NTMC) Polri memberikan tips agar aman saat mudik menggunakan sepeda motor:

Yang pertama adalah cek fisik, baik kita maupun kendaraan. Pastikan fisik kita dalam keadaan sehat dan prima, jangan lupa untuk juga mengecek kondisi kendaraan seperti tekanan ulir ban dan bahan bakar minyak (BBM), cek kondisi lampu utama, lampu sign, lampu rem, dan rem.

Selanjutnya adalah jangan lupa untuk mempersiapkan perlengkapan motor seperti jaket, jas hujan model setelan jika nanti sewaktu-waktu turun hujan, helm SNI (berkaca bening). Hindari menggunakan alas kaki berupa sendal, serta lengkapi dengan peta jalur mudik lebaran yang nanti akan dilalui.

Pastikan juga untuk mengecek dan membawa dokumen kendaraan, jangan membawa barang oleh-oleh atau lainnya secara berlebihan, jangan berpenumpang lebih dari 2 orang, dan pastikan untuk berdoa mohon keselamatan kepada Tuhan sebelum berangkat.

Tips aman mudik menggunakan sepeda motor selanjutnya adalah jangan melakukan perjalan sendiri, pastikan melalui rute yang sudah kita ketahui atau hafal, jangan menggunakan alat komunikasi genggam seperti handphone atau lainnya saat sedang berkendaraan. Jika merasa lelah, manfaatkan rest area yang disiapkan petugas, selalu jaga kebugaran tubuh selama perjalanan dengan istirahat setiap beberapa jam sekali. Yang perlu diperhatikan juga adalah pastikan untuk selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas, serta ikuti arahan petugas yang ada di jalan, kalau ada hambatan segera temui petugas.

Semoga informasi tentang tips aman jika ingin muding dengan naik sepeda motor di atas dapat bermanfaat. Share

0 comments:

Post a Comment

my faforite video

 
Akumicawa © 2011 Design by Emon Tok | Sponsored by Akumicawa